Sumber: freepik.com

Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 1)

Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan tangan dan kaki, sehingga kita bisa bergerak. Tentu kita wajib bersyukur atas semua itu. Yuk, pandai bersyukur dengan memanfaatkannya untuk kebaikan.
Tahukah kalian, saat kita bergerak menuju suatu tempat,tentu kita akan melintasi suatu lintasan dengan kecepatan tertentu dan memerlukan waktu tertentu pula. Bagaimana hubungan antarketiganya?
Sumber: freepik.com
Pernahkah kamu berpikir bagaimana kaki dan tangan, maupun organ tubuhmu yang lain dapat bergerak? Ayo pelajari bab ini agar kita mengetahuinya!
Gerak Lurus
Gerak lurus merupakan gerak benda pada lintasan yang lurus. Pembahasan materi gerak lurus bisa diperoleh dari Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Semester 1 halaman 4 yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.
Setiap hari kamu berangkat dari rumah ke sekolah kemudian kembali lagi ke rumah. Pernahkah kalian menghitung berapa besar jarak dan perpindahan yang kamu lakukan saat melakukan perjalanan dari rumah ke sekolah dan dari sekolah kembali ke rumah?
Sumber: Kemdikbud
Jika jarak rumah ke sekolah 2 km, jarak tempuh yang kamu lakukan setiap hari adalah 4 km. Namun perpindahan yang kamu lakukan bernilai nol km. Mengapa demikian?
Jarak berbeda dengan perpindahan. Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh, sedangkan perpindahan merupakan jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda, atau dengan kata lain perpindahan merupakan jarak lurus resultan dari posisi awal sampai posisi akhir.
Ketika melakukan perjalanan ke sekolah, apakah kendaraan yang kamu tumpangi melaju dengan kecepatan tetap? Bagaimana kamu dapat mengukur besar kecepatan kendaraan yang kamu tumpangi? Lantas, apa perbedaan kelajuan dan kecepatan?
Jika sepeda menempuh jarak 50 meter dalam waktu 5 sekon, maka sepeda tersebut mampu menempuh jarak 10 meter setiap sekonnya. Besarnya jarak yang ditempuh setiap satuan waktu disebut sebagai kelajuan. Sedangkan, kecepatan adalah besarnya perpindahan benda setiap satuan waktu. Kelajuan dan kecepatan diukur dalam satuan internasional meter/sekon (m/s).
Tahukah kamu bagaimana cara mengukur kelajuan kendaraan bermotor? Apakah benar dengan menggunakan speedometer? Ternyata, speedometer yang ada di kendaraan tidak mengukur kecepatan gerak, tetapi mengukur kelajuan gerak.
Sumber freepik.com
Video berikut ini menjelaskan perbedaan kelajuan dan kecepatan secara lebih detail. Perhitungan besarnya kelajuan dan kecepatan juga dijelaskan di video ini. Ayo kita simak!

Tugas
Lengkapi skema berikut dan tuliskan di buku catatanmu!

Sumber:

Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Kemendikbud RI 2017

3 thoughts on “Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 1)”

  1. Pingback: Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 2) – Kelas SangPengajar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: