Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 2)

Setelah kita mempelajari mengenai jarak, perpindahan, kecepatan, dan kelajuan, kali ini kita akan lanjutkan belajar IPA. Sebelumnya kita juga telah membahas mengenai gerak lurus. Apa yang dimaksud dengan gerak lurus? Tentu kalian masih ingat kan? Jika lupa, silakan pelajari lagi dengan klik di sini.

Gerak lurus dibedakan menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Apa perbedaan dari keduanya? Ayo kita pelajari bersama!

Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kelajuan tetap. Misalnya, gerak sebuah sepeda pada lintasan yang lurus dengan waktu dan jarak tempuh seperti ditunjukkan pada tabel berikut:

Benda yang melakukan gerak lurus beraturan akan memiliki kecepatan tetap. Bagaimana perbandingan jarak terhadap waktu pada GLB? Bagaimana grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB?

Simak dan pelajari video ini untuk lebih jelasnya! Jangan lupa kerjakan soal yang ada di video ini sebagai latihan. Tulis pengerjaan soal di buku catatanmu! Selamat belajar!

1 thought on “Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 2)”

  1. Pingback: Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 3) – Kelas SangPengajar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: