Gerak Benda dan Makhluk Hidup (Bagian 3)

Setelah kita mempelajari mengenai gerak lurus beraturan (GLB), kali ini kita akan lanjutkan belajar IPA. Seperti yang telah kita pelajari, gerak lurus dibedakan menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Apa yang dimaksud dengan GLB? Jika lupa, silakan pelajari lagi dengan klik di sini.

Kali ini kita akan mempelajari mengenai gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Apa yang dimaksud dengan GLBB? Ayo kita pelajari bersama!

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Mobil yang bergerak menjauhi lampu lalu lintas akan melakukan gerak dipercepat, sedangkan saat mendekati lampu lalu lintas akan melakukan gerak diperlambat. Perubahan kecepatan gerak mobil ini dapat dengan mudah diamati dari kecepatan mobil yang ditunjukkan oleh jarum speedometer atau angka yang muncul pada GPS.

Gerak benda pada lintasan yang lurus dengan percepatan tetap disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Percepatan adalah besarnya perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Satuan dari percepatan adalah m/s2. Dari pengertian tersebut dapat dituliskan:

Jika saat menjauhi lampu lalu lintas, mobil dari keadaan diam dalam selang waktu 5 detik bergerak dengan kecepatan 72 km/jam dengan proses perubahan kecepatan seperti ditunjukkan dalam tabel berikut, berapakah percepatan gerak mobil tersebut?

Simak dan pelajari video berikut untuk lebih memahami mengenai GLBB! Jangan lupa kerjakan soal yang ada di video ini sebagai latihan. Tulis pengerjaan soal di buku catatanmu! Selamat belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: