Getaran, Gelombang, dan Bunyi (Bagian 1)

Tahukah kalian bagaimana seseorang dapat mendengar bunyi? Apa yang dimaksud dengan bunyi? Dari mana bunyi berasal? Kita membutuhkan alat indra berupa telinga untuk mendengar. Di dalam telinga terdapat berbagai struktur yang memiliki fungsi tertentu sehingga dapat mendeteksi adanya vibrasi mekanis (getaran) hingga terjadilah proses mendengar. Sudah semestinya kita bersyukur kepada Tuhan, atas karunia telinga yang diberikan kepada kita.

Tahukah kalian bahwa getaran dan gelombang juga banyak dimanfaatkan dalam pengembangan teknologi? Misalnya untuk melihat kondisi bayi melalui alat ultrasonografi (USG), membuat peta dasar laut, dan masih banyak yang lainnya. Tentu kamu ingin mengetahuinya lebih banyak bukan? Kali ini kita akan belajar mengenai getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Ayo kita pelajari materi ini dengan penuh semangat!

Getaran
Semua benda akan bergetar apabila diberi gangguan. Benda yang bergetar ada yang dapat terlihat secara kasat mata karena simpangan yang diberikan besar, ada pula yang tidak dapat dilihat karena simpangannya kecil. Benda dapat dikatakan bergetar jika benda bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik kesetimbangan.

Apakah orang yang berjalan bolak-balik dapat disebut dengan bergetar? Tentu saja tidak. Orang yang berjalan bolak balik belum tentu melalui titik kesetimbangan. Agar memahami tentang getaran serta berbagai besaran pada getaran silakan pelajari video ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: