Getaran, Gelombang, dan Bunyi (Bagian 2)

Gelombang dapat kita temukan dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Misalnya, gelombang laut atau tali yang kita getarkan. Jika kita menggetarkan tali, maka akan terbentuk gelombang. Mengapa hal itu dapat terjadi? Ternyata, energi getaran yang dihasilkan dari tali yang digerakkan naik turun akan merambat, sehingga menyebabkan terbentuknya gelombang tali. Pada perambatan gelombang, yang merambat adalah energi, sedangkan zat perantaranya tidak ikut merambat (hanya ikut bergetar). Pada saat kita mendengar, getaran akan merambat dalam bentuk gelombang yang membawa sejumlah energi, sehingga sampai ke saraf yang menghubungkan ke otak kita.

Berdasarkan energinya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang mekanis dan gelombang elektromagnetik. Perambatan gelombang mekanis memerlukan medium (perantara), misal gelombang tali, gelombang air, dan gelombang bunyi. Perambatan gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium, misal gelombang cahaya.

Teori, Jenis, dan Sifat Gelombang

Bagaimanakah teori mengenai gelombang? Apa saja jenis-jenis gelombang? Bagaimanakah sifat-sifat gelombang? simak video berikut!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: