Listrik Dinamis (Bagian 2)

Bagaimana kabar kalian, para siswa hebat? Kabar baik bukan? Tetap semangat belajar ya!

Kali ini kita akan lanjutkan belajar kita mengenai Listrik Dinamis. Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang arus dan beda potensial listrik, kali ini kita akan belajar mengenai sumber tegangan atau sumber arus listrik. Apa yang dimaksud dengan sumber arus listrik? Apa saja jenisnya? Yuk, kita pelajari bersama!

Sumber Arus Listrik

Seeperti yang kita ketahui, listrik merupakan salah satu bentuk energi. Sesuai dengan hukum kekekalan energi, untuk menghasilkan energi listrik perlu adanya alat yang dapat mengubah energi lain menjadi energi listrik. Secara umum, sumber arus listrik terdiri atas dua jenis, yaitu sumber arus searah Direct Current (DC) dan sumber arus bolak-balik Alternating Current (AC).

Elemen Volta

Elemen volta, baterai, dan akumulator adalah sumber arus DC yang dihasilkan dari reaksi kimia, sehingga disebut juga sebagai elektrokimia. Berdasarkan dapat atau tidaknya diisi ulang, sumber arus listrik dibedakan menjadi elemen primer dan elemen sekunder.

Baterai Kering

Elemen primer adalah sebutan bagi sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang ketika energinya habis, contohnya seperti baterai kering dan elemen volta. Elemen sekunder adalah sebutan bagi sumber arus listrik yang dapat diisi ulang ketika energinya habis, contohnya seperti akumulator dan baterai Lithium-ion (Li-ion) yang digunakan pada telepon genggam atau kamera.

Penjelasan lengkap mengenai masing-masing elemen silakan pelajari di link ini. Pelajari juga materi tersebut yang tersaji di buku paket dan buku aktivitas siswa!

Selamat belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: