Listrik Statis (Bagian 2)

Terjadinya Muatan Listrik
Jumlah elektron dan proton pada atom-atom sebuah benda umumnya adalah sama, sehingga atom-atom pada benda tersebut tidak bermuatan listrik atau netral. Bagaimana benda netral dapat diubah menjadi benda bermuatan listrik? Benda  netral dapat diubah menjadi benda bermuatan listrik dengan cara menggosokkan benda-benda tertentu.
 
Penggaris plastik yang digosokkan pada rambut kering akan bermuatan negatif karena elektron dari rambut berpindah ke sisir plastik, sehingga sisir mengalami kelebihan elektron. Kaca yang digosokkan pada kain sutera akan bermuatan positif karena elektron dari kaca berpindah ke kain sutera atau bisa dikatakan kaca mengalami kekurangan elektron.
 
Selain dua percobaan itu, untuk percobaan lain dapat dilihat pada tabel berikut.
 
Deret Triboelektrik
Untuk memudahkan, gunakan deret triboelektrik berikut. 
 
KA                 :       KACA
RA                 :       RAMBUT
WOL              :       KAIN WOL
SU                 :       SUTERA
PLA                :       PLASTIK
NIT                :       EBONIT
 
Keterangan: Jika benda digosok dengan benda lain pada deret, maka benda yang urutannya di atas akan bermuatan positif dan benda yang urutannya lebih bawah akan bermuatan negatif.
Contoh:
Plastik digosok dengan rambut, maka terjadi perpindahan elektron dari rambut ke plastik. Rambut akan bermuatan positif dan plastik akan bermuatan negatif.
Kaca digosok dengan kain sutera, maka terjadi perpindahan elektron dari kaca ke kain sutera. Kaca akan bermuatan positif dan sutera akan bermuatan negatif.
 
Interaksi antar benda bermuatan
Jika dua benda bermuatan listrik didekatkan maka pada kedua benda tersebut akan ada interaksi sebagai berikut. Jika kedua benda bermuatan sejenis maka akan tolak-menolak, dan dua benda bermuatan tak sejenis akan tarik-menarik.
Contoh Soal:
Ada empat buah muatan A, B, C, dan D. Muatan A menolak B, A menarik C, C menolak D, dan D bermuatan positif. Tentukan jenis muatan A, B, dan C.
Jawab:
•    C menolak D berarti C dan D sejenis, karena D positif maka C bermuatan positif
•    A menarik C berarti A dan C tidak sejenis, karena C positif maka A negatif.
•    A menolak B, berarti A dan B sejenis, karena A negatip maka B juga negatip.
•    Jadi A(-), B(-) dan C(+)
 
Latihan Soal
  1. Jika ebonit digosok dengan kain wol, apa yang akan terjadi? Jelaskan!
  2. Empat buah muatan masing-masing A, B, C, dan D. Muatan A menarik B, A menolak C, C menarik D, dan A bermuatan positif. Tentukan jenis muatan B, C, dan D!
 
%d bloggers like this: