Tekanan Zat dan Penerapannya (Bagian 1)

Saat ini kita berada di musim hujan. Kalian tentu sering menjumpai jalanan yang berlumpur akibat terguyur hujan. Akibatnya kita lebih sulit untuk melewati jalanan tersebut. Nah, jika kamu akan melewati jalanan yang berlumpur, sepatu manakah yang akan kamu gunakan? Sepatu boot atau sepatu hak tinggi?

Agar kita dapat melewati jalanan berlumpur dengan mudah, tentu sebaiknya kita menggunakan sepatu boot. Dengan menggunakan sepatu boot kita akan mudah melewati jalanan yang berlumpur dan tidak mudah terjebak masuk ke dalam lumpur. Mengapa hal ini dapat terjadi? Coba amati gambar sepatu boot dan sepatu hak tinggi yang terdapat pada gambar berikut!


Apabila kita cermati, sepatu boot memiliki permukaan pijakan lebih luas dibandingkan dengan sepatu hak tinggi. Sepatu yang memiliki permukaan pijakan lebih luas tidak mudah terjebak masuk ke dalam lumpur.

Fenomena tersebut juga bisa kita amati pada angsa, bebek, dan ayam. Coba perhatikan tempat hidup angsa dan ayam! Angsa dapat dengan mudah mencari makan di tempat yang berlumpur, misalnya di sawah, sedangkan ayam kesulitan untuk mencari makan di tempat tersebut. Mengapa angsa dapat memiliki kemampuan seperti itu? Coba perhatikan struktur dari kaki angsa dan ayam. Angsa memiliki selaput pada kakinya, sedangkan ayam tidak memiliki.


Permukaan pijakan yang luas menyebabkan tekanan yang dihasilkan oleh kaki terhadap lumpur semakin kecil, sehingga angsa tidak mudah terperosok masuk ke dalam lumpur.

Itulah kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa. Allah SWT telah merancang struktur kaki angsa yang dilengkapi selaput sehingga angsa dapat mencari makan di tempat yang berlumpur. Masih banyak fenomena di alam terkait tekanan yang menarik untuk dipelajari. Kamu tentu ingin mengetahuinya lebih dalam bukan? Ayo kita pelajari dengan lebih semangat!

Tekanan Zat

Materi ini tidak terlepas dari materi pada Bab 1 tentang Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar. Pada pembelajaran materi tersebut, kita sudah memahami tentang gaya. Gaya adalah tarikan atau dorongan yang berikan pada suatu benda. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.

Nah, tahukah kalian apa itu tekanan? Tekanan sangat berhubungan dengan gaya dan luas permukaan benda. Pembahasan selanjutnya akan kita pelajari mengenai tekanan pada zat padat, cair, dan gas.

Tekanan Pada Zat Padat
Tekanan pada zat padat merupakan besarnay gaya tiap satuan luas permukaan. Untuk lebih memahami tekanan pada zat padat, silakan simak dan pelajari video berikut!

Sumber:
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX Semester 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: