Tekanan Zat dan Penerapannya (Bagian 4)

Sebelumnya kita telah mempelajari mengenai Hukum Archimedes. Sekarang kita akan mempelajari mengenai Hukum Pascal. Yuk, kita pelajari bersama dengan penuh semangat!

Hukum Pascal
Hukum Pascal berkaitan dengan peristiwa di kehidupan sehari-hari. Salh satunya adalah pada tempat pencucian mobil. Tentu kalian pernah melihat mobil yang dicuci di tempat pencucian kendaraan bukan? Mobil di tempat pencucian kendaraan akan diangkat dengan menggunakan alat pengangkat yang disebut pompa hidrolik untuk membantu pencuci mobil menjangkau semua bagian mobil yang akan dibersihkan.

Bagaimana alat pengangkat tersebut dapat mengangkat mobil yang sangat berat padahal di dalam pompa hidrolik tersebut hanya berisi udara atau dapat berupa minyak?

Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama. Hal ini merupakan bunyi dari hukum Pascal yang dikemukakan oleh Blaise Pascal (1623-1662). Blaise Pascal yang lahir pada 19 Juni 1623 adalah seorang ahli matematika dan geometri yang juga mendalami ilmu filsafat dan agama. Meskipun tidak menempuh pendidikan yang resmi, pada usia 12 tahun Pascal berhasil menciptakan mesin penghitung yang membantu pekerjaan ayahnya sebagai petugas penarik pajak.

Sepanjang hidupnya banyak penemuan yang ia publikasikan terutama pada bidang matematika. Selain itu, Pascal juga banyak melahirkan karya-karya dalam bidang fisika hidrodinamika dan hidrostatika, salah satunya adalah hukum Pascal. Coba perhatikan gambar berikut yang merupakan penerapan hukum Pascal pada pompa hidrolik!

Jika pada penampang dengan luas A1 diberi gaya dorong F1, maka akan dihasilkan tekanan P dapat dirumuskan:

Menurut hukum Pascal tekanan p tersebut diteruskan ke segala arah dengan sama besar, termasuk ke luas penampang A2. Pada penampang A2 muncul gaya angkat F2 dengan tekanan:

Secara matematis diperoleh persamaan pada dongkrak hidrolik sebagai berikut.

dengan:
P              = Tekanan (N/m2)
F1 dan F2 = Gaya yang diberikan (newton)
A1 dan A2 = Luas penampang (m2)

Jika A2 lebih besar dari A1 maka akan diperoleh gaya angkat F2 yang lebih besar dari F1. Ini merupakan prinsip kerja dari pompa hidrolik.

Dengan mempelajari Hukum Pascal, apakah kamu sudah mampu menjawab mengapa pompa hidrolik mampu mengangkat motor atau mobil yang sangat berat dengan menggunakan gaya yang kecil padahal di dalam pompa hidrolik tersebut hanya berisi udara atau dapat berupa minyak?

Silakan simak video berikut agar lebih memahami mengenai Hukum Pascal!

Sumber:
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: