Tekanan Zat dan Penerapannya (Bagian 5)

Sebelumnya kita telah mempelajari zat padat dan zat cair memiliki tekanan. Lantas bagaimana dengan gas? Apakah gas juga memiliki tekanan? Ayo kita pelajari sekarang!

Tekanan Pada Gas

Tekanan pada gas bisa kita amati pada balon udara. Pernahkah kamu melihat balon udara? Bagaimana balon udara dapat terbang?

Prinsip tekanan gas dimanfaatkan untuk mengembangkan balon udara. Balon udara seperti dapat terbang karena massa jenis total dari balon udara lebih rendah daripada massa jenis udara di sekitarnya. Massa jenis balon udara tersebut dikendalikan oleh perubahan temperatur pada udara dalam balon. Seorang pilot mengontrol temperatur udara dalam balon dengan menggunakan pembakar yang ada di bawah lubang balon.

Ketika bara api dari pembakar memanaskan udara dalam balon, berat balon menjadi lebih kecil dari gaya ke atas sehingga balon akan bergerak ke atas (Ingat, udara panas lebih ringan dari udara dingin). Jika ingin turun, maka pemanasan udara dalam balon dikurangi atau dihentikan sehingga suhu udara dalam balon menurun. Gaya ke atas pada balon adalah sama dengan berat udara dingin yang dipindahkan oleh balon tersebut. Ingatlah kembali hukum Archimedes!

Besarnya tekanan udara di suatu tempat ditentukan oleh ketinggian tempatnya. Ketinggian ini dihitung dari permukaan air laut. Bagaimana cara menentukan tekanan udara suatu tempat berdasarkan ketinggiannya? Bagaimana cara menentukan ketinggian suatu tempat berdasar tekanan udaranya?

Simak video berikut untuk mendapatkan penjelasannya!

Sumber:
Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: